THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 09 Februari 2010

Jumbara!!!

Jumbara? Apaan tuh? Apa bedanya ama jambore? Ya beda duong… kalo kambore tuh mengenai lingkup kepramukaan, sedangkan jumbara ada sangkut pautnya ama PMR.

Nah, beberapa waktu yang lalu, kakak kelas kita ikutan lomba jumbara loh? Lomba yang diadakan PMI cabang Lumajang ini, diadakan di lapangan desa Jatisari, kecamatan Tempeh tepatnya di kota pisang. Lomba ini diadakan selama 3 hari 2 malam, mulai tanggal 27 Juni – 29 Juni 2009. lomba ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi tingkat madya maupun wira. Kalian pada tau nggak, apa itu madya and wira? Madya artinya tingkat SMP, sedangkan wira tingkat SMA. Jadi, di sini qta bersaing memperebutkan juara umum jumbara tingkat madya dan wira.


Persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya, dirasa sudah cukup matang dan sekolah kita merasa siap bertanding memperebutkan trofi jumbara.


Sekolah kita mengeluarkan 2 regu, yaitu 1 regu putra dan 1 regu putrid. Masing-masing regu mengirimkan 9 peserta. Emang sih, peserta putranya ada 9, tapi kalo nyang cewek ada cadangannya 2, jadi yang ikut lomba jumlahnya ada 20 orang dari sekolah kita.


Qta semua berkumpul di sekolah pada jam 10 pagi. Sekalian nebeng ortu yang mau mengambil rapot. Kalo ada salah satu di antara qta yang nilainya jelek, pasti ortunya kalo marah nggak parah-parah amet. Cause, qta masih punya rasa kasihan ngeliat anaknya yang mau ikut lomba, ya toh? Hee…

Nah, sebelum berangkat, qta yang mengikuti lomba jumbara ini mendapat ucapan selamat dari Kepala Sekolah SMPN 1 Lumajang tercinta. Yap! Pak Agus. Beliau juga memberi qta semangat yang mampu membangkitkan tumbuhnya rasa kepastian diri untuk menang. Thanks ya…………

Qta yang didampingi Bu Ramlah, Bu Alfi dan Pak Iwan, berangkat setelah shalat Dhuhur. Qta numpang mobilnya Pak Tamrin, Pak Eko dan salah satu dari wali murid yang baik hati.

Sesampainya di sana, mereke bergotong royong mendirikan tenda. Puanaaaaaaaaas banget. Lha wong, waktu itu jam 12.30, jadi wajar aja kalo qta ada yang males mendirikan tenda… hehe…

Upacara dimulai pada jam 1 siang. Tapi gladi bersih dulu. Lama banget tau nggak! Apa lagi masih menunggu Pak As’at Malik – wakil bupati Lumajang, untuk membuka lomba jumbara ini. Pokoknya, upacaranya lama buanget deh! Pantesan aja di jadwal, upacara pembukaan dimulai pukul 1 hingga jam 4 sore. Kebayang nggak seh???


Setelah berpanas-panas ria, qta istirahat di base camp. Yang jadi base campnya adalah homenya Bu Karsih. Di sana qta semua bersantai-santai sejenak sekaligus isoma, alias istirahat – sholat – ma`em.

Saat kembali lagi ke tenda, ternyata ada perubahan jadwal. Gawat banget tau nggak! Cause, semua anggota udah disiapkan menurut jadwal yang lama. Nah, ini? Kok ganti yang baru lagi? Duh, gimana sih panitianya? Tapi, untungnya semua bisa diatasi dengan selancar mungkin.

Nah, pas pembagian jadwal baru, juga ada pembagian undian alias giliran lomba. Dan terpaksa deh, qta dapet giliran lomba nomor terakhir. Hwaaaaa!! Merana banget! Tapi nggak pa-pa deh, banyak waktu buat belajar!


Saat maghrib menjelang, tiba-tiba ada seseorang berjanggut unik datang, dia kenal ama Bu Ramlah. Terus, tiba-tiba, nggak tau sejarahnya gimana, ia langsung memberikan suatu informasi mengenai lomba, PP (Pertolongan Pertama) dan juga PK (Petolongan Keluarga). Dan anak Spensalu pada nggak tau maksudnya, jadi dapat disimpulkan bahwa kita keurangan bahan materi!!! Gawat!!! Padahal, lomba PP Ruang Terbatas ama PK nya tinggal 2 jam lagi!!!

Nggak tanggung-tanggung nih ya, qta yang ikut PP minta les privat kelas kaselerasi dengan tempat ala kadarnya di depan tenda putri. Nah, ternyata orang berjanggut unik itu ternyata namae tuh Mas Yusuf.

Lah? Terus? Yang PK gimana dong? Lha wong PK juga kurang 2 jam lagi?! Qta yang ikut PK, pada awalnya belajar di pinggir jalan depan tenda cowok. Tiba-tiba ada anak SMK yang bersedia untuk ngajari qta yang ikut PK. And qta pun go to tenda cowok SMK 1, ya buat belajar. Beruntung ya, kakak-kakak itu dengan tulus ikhlas ngajarin anak PK. Thanks banget ya?!

Udah jam 7 malem, waktunya lomba, huaah! Qta langsung pergi ke SD Jatisari, tempat diadakannya lomba. Qta nunggu lamaaaaaaaaaaa banget! Maklum, lha wong qta dapet nomor terakhir. Pas SMP-SMA lainnya kembali ke tenda, kita masih nunggu giliran. Bete! Ang qta dapet giliran untuk lomba sebelum lewat tengah malam. Malem banget pas mbalik ke tenda!

Hari Minggu ini, lombanya PP Evakuasi ama DU (Dapur Umum), siangnya ada lomba PRS, malemnya non lomba: Pentas Seni. Lomba PP evakuasi, ceweknya dapet giliran jam 12 siang, sedangkan cowokya dapet nomor terakhir lagi…

Yang ikut lomba PP cewek tuh, Aulia, Gusti, Dyah, Umi, Rida, and Desy. Kalo PP cowok tuh Noordiansyah, Gusde, Abdi, Erwin, Aji, ama Atha. Yang ikut PK cewek tuh, Aq, Ekiq ama Rofidah. Sedangkan cowoknya Gusde, Erwin ama Kevin. Kalo PRS cowoknya Aji Mahsa ama Abdi. Kalo ceweknya Robitah ama Lidia Ekiq. Kalo yang ikut DU cewek tuh Aq, Debby, Dyah, and Robitah. Kalo yang cowok Noordiansyah, Kevin, Erwin ama Aji Mahsa. Qta semua semangat banget untuk melaksanakan berbagai ragam lomba jumbara.

Banyak loh guru-guru yang datang untuk sekedar memberi semangat, ada Pak Setyo, Pak Paul, Pak Yusuf dan guru pramuka juga ada : Kak Kustari and Kak Zainul. Oia, ada beberapa wali murid yang datang mengunjungi tenda qta yang ikut jumbara. Pak Met ma Bu Met yang di kantin juga turut memberikan dukungannya loh… makasih buanyak ya!

Malemnya, pensi, qta menampilkan drama. Nyeritain tentang seseorang yang terluka karena adanya bentrokan antar partai. Seru wes!

Hari terakhir, Cuma pengumuman doang! Deg-deg-deg! Dan pemenangnya diumumkan. Alhamdulillah, cowoknya dapet juara 1, sedangkan ceweknya nggak dapet, ya nggak pa-pa wes. Sekolah kita dapet juara 1 pensi, lumayan loh… Trofi jumbara tingkat madya direbut oleh SMP lain, sedangkan trofi tingkat wira diraih oleh SMKN 1 Lumajang, yang masih keluarga kita dari area SUT. Selamat ya buat para pemenang!

Oia, maaf ya, qta Cuma bisa ngasih segini, soalnya qta merasa ini yang terbaik yang dilakukan bagi qta. Buat seluruh pihak yang mendukung anak-anak Spensalu dalam jumbara ini, terima kasih banyak..

Oia lagi,, Aq jua mau ngasih ucapat reimakasih yang sebanyak-banyaknya,, buat:

1. Allah SWT

2. buat temen-temenQ yang ikut jumbara... thanks buat solidaritasnya ya..

3. to my parents in my home and in my school serta wali murid yang ndukung kami…

4. juga buat kakak-kakak panitia and kakak-kakak ku anak Smekenza yang telah bersedia memberikan cuap-cuap nya kepada qta (nggak bisa disebutkan deh)

5. and thanks for all

Dan, kalo boleh dibilang nih ya, jujur, seru banget loh ikut jumbara!!!!

0 komentar: